6 Tips Cerdas Memilih Apartemen yang Baik dan Aman

Cara memilih apartemen
Tips Memilih Apartemen

Memilih Apartemen – Kawasan Jabodetabek merupakan daerah yang memiliki populasi tinggi, sehingga setiap tahunnya banyak bermunculan apartemen baru.

Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya minat para mahasiswa ataupun pekerja yang  mencari apartemen sebagai hunian maupun investasi.

Harga jual apartemen yang selalu meningkat membuat kebanyakan dari mereka lebih memilih berinvestasi membeli apartemen, terlebih lagi lokasi letaknya apartemen yang strategis, seperti dekat dengan kawasan mall, perkantoran, atau dekat dengan daerah universitas/kampus.

Selain itu menurut riset dari PricewaterhouseCoo (pwc) yang merupakan professional service networks terbesar kedua di dunia dan bekerja sama dengan UrbanLand Institute Pada tahun 2014 Indonesia merupakan peringkat ketiga dalam investment dan peringkat pertama pada development di kawasan Asia Pasifik.

Oleh karena itu dalam berinvestasi apartemen, kita harus memiliki gambaran mengenai cara untuk memilih apartemen secara tepat.

6 Tips yang Perlu Anda Ketahui saat Membeli Apartemen

1. Lokasi Apartemen

Salah satu prioritas utama dalam memilih apartemen adalah memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis dapat di ukur dari mudahnya akses jalan tol dan alternatif jalan, dekat dengan universitas, perkantoran, fasilitas umum seperti bank, minimarket, rumah sakit, dan kemudahan transportasi dari kawasan apartemen tersebut.

Pertimbangan terhadap lokasi apartemen juga mempengaruhi harga jual dari apartemen tersebut, jika memilih apartemen dengan harga yang murah namun tidak memiliki lokasi yang strategis, kemungkinan apartemen tersebut sepi, harganya turun, dan uang yang anda investasikan untuk membeli apartemen akan menjadi sia-sia.

2. Lingkungan Apartemen

Pilih lingkungan apartemen yang bisa menghadirkan kenyamanan bagi Anda. Seperti adanya ruang hijau yang dilengkapi tanaman yang tumbuh di sekitar apartemen, taman yang nyaman untuk berolahraga ataupun sekedar jalan-jalan, area parkir yang luas, serta view lingkungan sekitar apartemen juga harus diperhatikan untuk kenyamanan pandangan.

3. Melihat Reputasi Pengembang

Dalam pembelian apartemen usahakan Anda memilih dari para pengembang yang punya reputasi baik, profesional, dan bertanggung jawab.

Untuk mengetahuinya Anda bisa meninjau pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya dan dengan Desainer dan Kontraktor mana apartemen dibangun.

Hal ini perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan Anda terhadap pengembang. Dengan memilih pengembang yang tepat kemungkinan besar Anda akan memiliki jaminan untuk menjual apartemen ketika dibutuhkan dan menaikkan nilai dari apartemen tersebut.

4. Fasilitas Apartemen

Setiap apartemen pasti mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Pada umumnya semakin lengkap fasilitas maka akan semakin mahal juga harga apartemen.

Hal ini menunjukkan bahwa jumlah fasilitas yang disediakan apartemen bisa menimbulkan perubahan pada nilai jual apartemen.

Oleh karena itu apabila Anda ingin berinvestasi pada apartemen untuk nantinya dapat dijual kembali, lebih baik memilih apartemen dengan fasilitas yang lengkap.

Namun yang harus Anda prioritaskan adalah adanya fasilitas keamanan, karena tempat tinggal tidak mungkin nyaman ditinggali jika tidak terdapat keamanan yang mumpuni.

Setelah itu Anda bisa menimbang fasilitas lain seperti cleaning service, swimming pool, jogging track, play ground, dan sebagainya.

5. Apartemen yang Sesuai Kebutuhan

Pilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya, jika Anda masih single mungkin pada awalnya Anda akan merasa apartemen tipe studio akan cocok untuk Anda huni sendiri.

Namun Anda perlu untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut, karena nantinya  di masa depan Anda akan membutuhkan apartemen yang lebih besar untuk Anda huni bersama keluarga.

Jadi, lebih baik memilih apartemen yang setidaknya mempunyai dua kamar sehingga Anda tidak perlu melakukan investasi dua kali jika memang budget yang Anda miliki terbatas.

6. Status Tanah Apartemen

Perhatikan status tanah bangunan apartemen sebelum melakukan pembelian. Pastikan bahwa tanah tempat berdirinya lahan bangunan apartemen bukan tanah sengketa atau masih berstatus sewa.

Pastikan juga bahwa dokumen tidak bermasalah, seperti menjadi jaminan di bank. Jika perlu minta bantuan notaris atau pemda setempat sebelum melakukan transaksi.

Sebaiknya juga Anda memilih apartemen dengan sistem kepemilikan Strata Title yang memungkinkan kepemilikan bersama secara horizontal di samping pemilikan secara vertikal, di mana secara garis besar dapat diartikan sebagai: hak bersama atas bagian bersama, hak bersama atas benda bersama, hak bersama atas tanah bersama dalam satu kawasan apartemen tersebut.

Menurut Anda mana yang lebih diprioritaskan lokasi apartemen atau harga apartemen?