Inilah Bahaya Begadang yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Begadang

Tiara Malik, Jakarta – Memiliki pola hidup yang sehat adalah impian bagi semua orang. Namun pada kenyataannya, kebanyakan orang malah sebaliknya.

Ada yang hobi tidur sampai larut malam, bahkan sampai subuh. Merokok, makan makanan berminyak dan minuman yang manis pasti selalu hadir menemani saat anda begadang.

Bahaya dari begadang yang paling terlihat adalah jika seseorang mengalami kekurangan tidur biasanya ia akan cepat marah dan emosinya tidak stabil.

Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kebiasan buruk seperti ini harus segera ditinggalkan.

Berikut ini adalah akibat yang akan anda terima jika keseringan begadang.

1. Membuat Usia Menjadi Pendek

Efek begadang pada kesehatan tubuh sudah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah. Kebiasaan buruk ini dilaporkan dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit. Mulai dari hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kemat1an dini.

Efek lainnya juga dapat menimbulkan penyakit angin duduk, di mana kondisi seseorang yang terasa seperti biasanya, lalu tiba-tiba orang tersebut langsung terkapar dan tidak sadarkan diri. Sehingga kemat1an pun datang secara cepat.

Belum lagi jika sedang mengendarai kendaraan dalam posisi mengantuk. Alhasil bisa meningkatkan resiko kecelakaan yang sangat fatal.

2. Menyebabkan Depresi

Sering begadang juga bisa menyebabkan depresi pada seseorang. Karena dengan begadang, pola tidur kita yang seharusnya 8 Jam malah berkurang.

Pikiran dan kondisi anda cenderung gelisah dan tidak terkontrol. Depresi ini diakibatkan karena insomnia berlebihan yang terus menerus dilakukan.

3. Hormon Pertumbuhan Menurun

Hormon-hormon pertumbuhan paling banyak diproduksi pada saat anda tidur. Pada saat anda tidur, tubuh memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Jika anda membiasakan hidup begadang, anda telah memangkas waktu tidur anda, sehingga secara otomatis produksi hormon yang dihasilkan tubuh anda akan berkurang.

4. Gairah Bercinta Menurun

Menurut penelitian dari University of Siena, Italia. Menurunnya gairah berc1nta pada pria ataupun wanita tidak selalu diakibatkan oleh kondisi psikologis. Tapi, hal ini sering kali bersifat fisiologis. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi libido anda yang mungkin tidak anda perhatikan.

Parahnya, orang yang memiliki hormon testosteron yang rendah pada saat malam hari akan menurunkan tingkat gairah s3ksual1tas serta penurunan dorongan untuk melakukan hubungan s3ksual. Kemudian, timbul perasaan mengantuk, serta tekanan darah yang meningkat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Jenuh saat Bekerja

Itulah beberapa resiko yang akan terjadi jika anda sering begadang. Jika anda pemula yang baru ingin begadang, sebaiknya berfikir secara panjang. Karena banyaknya resiko bahaya yang akan anda terima untuk diri anda.